Press "Enter" to skip to content

ABBAS IBNU FIRNAS : Konstruktor dan Penerbang

Adalah Abbas Qasim bin Firnas. Beliau lahir di Izn-Rand Onda, Andalusia tahun 810 M dan hidupnya dijalani di Cordoba  beliau meninggal tahun 887 M/274 H, Beliau adalah ilmuwan dan orang pertama yang berusaha membuat konstruksi pesawat serta melakukan uji coba penerbangan di udara  . Di abad ke-9 beliau mendesain sebuah perangkat sayap dan secara khusus membentuk layaknya kostum burung, Desain tersebut secara tidak terduga menjadi inspirasi bagi seniman Italia Leonardo da Vinci pada ratusan tahun setelahnya.

Dalam percobaan penerbangan yang paling terkenal  yaitu dari atas menara masjid Agung Cordoba di Spanyol, pada tahun 852. Beliau berharap terbang seperti burung. Namun ketika  beliau terbang penerbangan tersebut  menukik ke bawah dengan sedikit cidera di punggung karena dengan mantel yang bersifat sebagai parasut pertama beliau sediakan untuk melindunginya.

Belajar dari pengalaman sebelumnya saat usianya 70 tahun, Abbas ibn Firnas menyempurnakan sebuah mesin dari sutera dan bulu elang, beliau  mencoba kembali penerbangannya dengan melompat dari sebuah gunung. Beliau terbang ke ketinggian yang signifikan dan tetap tinggi sekitar sepuluh menit, namun setelahnya beliau terjatuh saat mendarat dengan benar, setelah ditelusuri pendaratan tersebut tidak sempurna karna ternyata ia tidak diberi perangkat ekor sehingga melambat saat mendarat

Sejarah  menyebut Abbas Ibnu Firnas sebagai orang pertama di dunia yang pernah melakukan uji coba penerbangan terkendali. Dengan menggunakan alat kendali terbang , Beliau mampu mengontrol serta mengatur ketinggian terbangnya. Bukan hanya itu, perangkat terbangnya  juga bisa mengubah arah terbangnya, dan dibuktikan dengan keberhasilannya untuk kembali ke arah di mana ia melakukan peluncuran.
Ibnu Firnas meninggal dunia sekitar 12 tahun setelah ia melakukan uji coba terbang keduanya.Sejarawan Barat, Philip K Hitti, menempatkannya sebagai salah satu tokoh besar dan manusia pertama dalam sejarah yang melakukan uji coba dalam bidang penerbangan.

Please follow and like us:
error0

Comments are closed.