Press "Enter" to skip to content

Bergembira di Darul Arqam, Pimpinan UHAMKA Merajut Kebersamaan

BOGOR, Suara Muhammadiyah – Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (LPP AIK) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA menyelenggarakan kegiatan perkaderan, Darul Arqam, bagi  Pimpinan dari level Badan Pembina Harian (BPH), Rektor, hingga Ketua Program Studi. Darul Arqam yang dilangsungkan selama tiga hari ini mengusung tema, “Kebersamaan dalam Bermuhammadiyah : Menuju Pencerahan Hati, Akal dan Budi” di Bogor, (19/7).

Darul Arqam merupakan sistem perkaderan di Muhammadiyah bagi organisasi otonom dan Amal Usaha Muhammadiyah, seperti Perguruan dan Rumah Sakit. Tujuan perkaderan dalam Muhammadiyah adalah untuk membangun jiwa Islami dan melangsungkan tugas mulia Muhammadiyah dalam menegakan ajaran Islam demi terwujudnya masyarakat Islam yang sesungguhnya. Untuk itu, UHAMKA berkomitmen untuk senantiasa melakukan perkaderan bagi semua level, mulai dari Cleaning Service, Mahasiswa, Karyawan, Dosen, dan Pimpinan. Darul Arqam kali ini diselenggarakan khusus bagi Pimpinan, terang rektor UHAMKA, Prof. H. Dr. Gunawan Suryoputro, M.Hum., dalam sambutannya, agar seluruh pimpinan berbenah dalam membesarkan UHAMKA dan Muhammadiyah.

Selain rektor, Pembukaan Darul Arqam Pimpinan juga dihadiri Ketua Majelis Pendidikan Kader (MPK) Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Dr. H. Ari Anshori, M.Ag, Ketua BPH, Prof. Dadang Kahmad, M.Si., dan para wakil rektor., yang dalam kegiatan Darul Arqam ini sekaligus menjadi peserta. Mengambil Spirit surat Az-zumar ayat 73, Ketua MPK mengajak pimpinan UHAMKA untuk bersungguh-sungguh, melalui Darul Arqam, menggapai ridlo dan surga Allah secara bersama. Selanjutnya kegiatan Darul Arqam Pimpinan UHAMKA secara resmi dibuka oleh ketua MPK, sebagai representasi ketua PP Muhammadiyah yang bertanggungjawab terhadap perkaderan di seluruh Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

Usai pembukaan, secara simbolik kepesertaan diserahkan oleh rektor kepada Master of Training (MOT), Dr. Husni Amriyanto, M.Si.  Harapan dan tujuan ber-Darul Arqam disampaikan oleh seluruh peserta yang berjumlah 48 dengan menempelkan tulisan di mading aula. Segala tujuan peserta yang beraneka ragam, dikerucutkan oleh MOT kepada tujuan yang mulia, yaitu karena ridlo Allah semata.

Selama tiga hari, peserta akan mengikuti kegiatan secara penuh yang terdiri dari diskusi kelompok, menerima materi yang disampaikan oleh para narasumber, fathul qulub, shalat malam berjamaah, dan outbond. Kegiatan ini berakhir pada hari Ahad, 21 Juli 2019.

Wakil Rektor IV UHAMKA, Dr. H. Bunyamin, M.Pd. menyampaikan, bahwa akan ada Darul Arqam Pimpinan UHAMKA selanjutnya  akan dilaksanakan pada bulan  September. (dwi)

Please follow and like us:
error0

Comments are closed.