Perkuat Lulusan Unggul, UHAMKA Gelar Baitul Arqam Purna Studi

Foto Bersama Pimpinan Uhamka dan Peserta Baitul Arqam Purna Studi
Foto Bersama Pimpinan Uhamka dan Peserta Baitul Arqam Purna Studi

Jakarta – Wakil Rektor IV Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Dr. Bunyamin, M.Pd.I, secara resmi membuka kegiatan Baitul Arqam Purna Studi Mahasiswa UHAMKA gelombang 1 Tahun 2022. Kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa semester akhir ini dilaksanakan mulai 22-24 Agustus, bertempat di kampus FKIP UHAMKA Jl. Tanah Merdeka No.20, RT.11/RW.2, Rambutan, Kec. Ciracas, Kota Jakarta Timur.

Pada sambutannya, Bunyamin menyampaikan bahwa kegiatan Baitul Arqam Purna Studi dilaksanakan bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai keislaman, karakter kepemimpinan, dan juga solidaritas kealumniaan

“Tujuan dari pelaksanaan Baitul Arqam Purna Studi ini adalah untuk mempersiapkan kalian semua untuk menjadi lulusan yang unggul dan berkarakter. Dalam kegiatan ini kalian diperkuat nilai-nilai Islam dan kemuhammadiyahan serta karakter kepemimpinan agar memiliki pondasi yang kuat untuk menjadi pemimpin-pemimpin, professional-profesional dan lulusan yang mampu menghadapi tantangan hidup yang saat ini sangat kompleks”. Tutur Bunyamin dalam sambutannya di hadapan ratusan peserta, (Senen, 22/08/2022).

Sambutan Wakil Rektor IV UHAMKA, Dr. Bunyamin, M.Pd.I

Bunyamin juga menjelaskan bahwa Baitul Arqam Purna Studi tersebut merupakan pengganti dari Ujian Komprehensif Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) bagi mahasiswa semester akhir di UHAMKA dan sejatinya sudah mulai dilaksanakan pada tahun 2019, tapi karena pandemic covid-19 tidak dapat dilaksanakan

“Sejatinya kegiatan ini sudah dilaksanakan sejak 2019 yang lalu berdasarkan SK Rektor, tapi karena covid akhirnya tidak dapat dilaksanakan. Alhamdulillah tahun 2022 ini dapat dilaksanakan, dan patut bersyukur kalian merupakan peserta perdana pada kegiatan Baitul.” Ungkap Bunyamin.

Sementara itu, dalam laporannya, Sekretaris LPP AIK UHAMKA, Amirullah, M.A., menyampaikan bahwa bahwa peserta yang mengikuti Baitul Arqam Purna Studi pada gelombang perdana tersebut sebanyak 204 orang dan bagi mahasiswa UHAMKA semester akhir yang memenuhi syarat wajib mengikutinya

Hazuarli, M.Si selaku MOT saat mengorientasikan Baitul Arqam Purna Studi

“Kegiatan ini adalah bagian dari akademik yang harus diikuti, dan peserta yang ikut hari ini adalah yang telah memenuhi syarat seperti, telah lulus 6 mata kuliah AIK, telah memiliki sertifikat kemampuan baca Alquran bagi yang muslim. Karena itu, saya harap teman-teman semua mengikuti kegiatan ini dengan serius dan penuh keikhlasan karena kelulusan di kegiatan ini merupakan syarat untuk siding skripsi. Dan Insya Allah semuanya dipastikan lulus dengan syarat mengikuti semua sesi dari awal hingga akhir”. Tutur Amir dalam sambutan sekaligus laporannya.

Selain Wakil Rektor IV, Hadir juga pada pembukaan Baitul Arqam Purna Studi para pimpinan lainnya, yaitu Wakil Rektor III, Dr. Lely Qodariah, M.Pd., Dekan FKIP, Dr. Desvian Bandarsyah, M.Pd., Dekan FFS, Dr. apt. Hadi Sunaryo, M.Si., Direktur Sekolah Pasca Sarjana, Prof. Dr. H. Ade Hikmat,M.Pd serta para wakil dekan VI Se-UHAMKA. 

*Amr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *